Wednesday 5 August 2015

Jamu Jowo Kunyit Madu


 (sumber: carakhasiatmanfaat.com)

Kebanyakan dari kita sering memanfaatkan kunyit sebagai bumbu masak, namun sebagaimana orang-orang tua di wilayah jawa bilang, campuran antara kunyit dengan madu merupakan salah satu "jamu jowo" yang kerap digunakan untuk menurunkan demam pada anak-anak. Kunyit dikenal sebagai zat anti-infeksi, anti-kanker, anti-bakteri, dan peningkat alami sistem kekebalan tubuh. Bagaimana dengan madu? Menurut Peter Molan, Direktur Honey Research Unit di Universitas Waikato, Selandia Baru, semua jenis madu merupakan zat anti-bakteri karena lebah memiliki enzim yang memproduksi hidrogen peroksida.
Saat anda mengalami gejala awal pilek, flu, atau penyakit infeksi lain, segera konsumsi kunyit madu dengan takaran 100 gram  madu murni dicampur dengan 1 sendok makan bubuk kunyit atau sari kunyit cair, aduk rata, simpan dalam wadah kaca.
Untuk gejala flu, konsumsi 1/2 sendok teh setiap satu jam di hari pertama, setiap dua jam di hari kedua, dan tiga kali sehari untuk hari berikutnya sampai sembuh (biarkan campuran meleleh dan terurai di mulut sebelum menelannya).
Untuk gangguan pernafasan, konsumsi 1/2 sendok teh tiga kali sehari selama seminggu. 
Anda dapat menambahnya dengan santan kelapa atau teh dalam campuran sebagai pengontrol lemak dalam proses metabolisme sehingga dapat menyeimbangkan berat badan yang diinginkan. Selain itu dapat pula sebagai pencegah arthritis dan rematik.
Catatan: Jika anda sedang dalam perawatan medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi ramuan ini, karena jika anda menderita masalah kantung empedu, ramuan ini akan menyebabkan kontraksi otot pada kantung empedu anda.

(sumber: livingtraditionally.com)


No comments:

Post a Comment