Thursday 4 December 2014

10 Manfaat Bee Pollen Bagi Kesehatan





Madu dan Bee Pollen adalah salah satu dari bahan pangan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia atau yang lazim disebut superfood. Ribuan tahun sebelum gula olahan ditemukan, madu dan bee pollen banyak dimanfaatkan pada bidang pangan dan obat-obatan. Pada masa itu, Bee Pollen adalah komoditas yang sangat mahal dengan kombinasi unik dari mineral, vitamin, asam amino, antibiotik alami, hormon-hormon, enzim-enzim, dan lemak. Bee Pollen dikenal sebagai pengaktif sistem imun yang efektif dan benteng pertahanan tubuh dari racun-racun di lingkungan kita.


Apa itu Bee Pollen?

Bee Pollen adalah makanan bagi lebah muda, berbentuk butiran kasar serbuk yang diproduksi lebah untuk sarangnya. Bee Pollen terdiri dari nektar dan liur lebah. Satu hal yang sangat menarik dari Bee Pollen adalah struktur uniknya yang tidak bisa dibuat di labolatorium manusia. Saat peneliti mencoba memberi makan Pollen buatan manusia, lebah-lebah tidak dapat bertahan hidup. Saat ilmu pengetahuan telah mengalami lompatan yang sangat mengagumkan, tetap tidak dapat mengidentifikasi beberapa elemen kunci dalam Bee Pollen. Kandungan Bee Pollen terdiri dari sejumlah besar karbohidrat, protein, dan nutrisi. Namun demikian komposisi pasti dari Bee Pollen berkaitan dengan lokasi dari beragam nektar tanaman pembentuknya. 

Kandungan Bee Pollen.
  • 40% protein yang sangat mudah diserap tubuh manusia
  • Karotenoid (yang bisa diubah ke vitamin A)
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, silikon, sulfur, dan 59 mineral penting lainnya
  • 22 Asam amino yang mengandung 5 hingga 7 kali asam amino yang ditemukan dalam jumlah berat yang sama pada daging sapi, susu, telur, dan keju
  • Enzim yang meliputi amilase, katalase, kosimase, sitokrom, dehidrogenase, diaforase, diastase, asam laktat, pektase, dan fosfat.
10 Manfaat Bee Pollen Bagi Kesehatan
  1. Meningkatkan energi. Bee Pollen terdiri dari 55% karbohidrat dan 40% protein yang menjadikannya sumber energi yang kuat. Berkaitan dengan jumlah protein yang besar, Bee Pollen dapat digunakan sebagai suplemen alami pembentuk tubuh (bodybuilders).
  2. Masalah kesuburan. Penelitian telah membuktikan bahwa Bee Pollen mampu menstimulasi dan memperbaiki fungsi indung telur dan juga bereperan sebagai makanan pembangkit nafsu seksual (afrosidiak).
  3. Mengatasi alergi. Bee  Pollen mengandung quercetin yang dikenal mampu meminimalisir atau menetralkan reaksi histamin.
  4. Menurunkan berat badan. Bee Pollen menstimulasi metabolisme yang dapat meningkatkan energi dan penurun berat badan.
  5. Meningkatkan kualitas kulit. Menurut Dr. Lars-Erik Essen, seorang dokter kulit Swedia yang pertama menggunakan Bee Pollen untuk mengatasi masalah kulit, "Bee Pollen dapat menghambat penuaan dini pada sel dan menstimulasi pertumbuhan jaringan kulit yang baru, menawarkan perlindungan yang efektif terhadap dehidrasi dan menyuntikkan hidup baru pada sel yang kering, menghaluskan kerutan dan mendorong peredaran darah pada kulit".
  6. Meningkatkan sistem imun. Kandungan kompleks dari Bee Pollen efektif dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  7. Melancarkan kerja sistem pembuluh jantung. Kandungan rutin (antioksidan yang bermanfaat untuk menguatkan pembuluh dan kapiler darah) dalam Bee Pollen dapat berfungsi sebagai anti gumpal darah yang mampu mencegah serangan jantung dan stroke.
  8. Menstabilkan tekanan darah.
  9. Mengatasi masalah pada sistem saraf.
  10. Meningkatkan pencernaan.
Bagaimana Cara Mengkonsumsi Bee Pollen?

Pastikan bahwa Bee Pollen berasal dari sumber organik yang terpercaya. Lebah harus tidak terpapar bahan kimia dan cairan fruktosa yang tinggi.

--diterjemahkan dari www.livingtraditionally.com--

2 comments:

  1. banyak ya khasiat bee polen. Banyak juga herbal bee polen sekarang

    ini dengan berbagai jenisnya.

    ReplyDelete
  2. Iya semoga bisa menjadi referensi tambahan ya Pak Febryan Paudi.. :-)

    ReplyDelete