Wednesday 25 November 2015

Membuka Pintu Bahagia Membantu Sesama Bersama PMI



(gambar: tubasmedia.com)



Berbagi  merupakan konsep yang seringkali disebut oleh banyak agama dan keyakinan sebagai salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, baik untuk si pemberi maupun yang diberi. Kompleksitas hidup manusia di dunia akan sangat berat jika dijalani hanya seorang diri tanpa saling berbagi.  Berbagi mempunyai dimensi yang luas, tidak hanya sebatas pada materi (uang/harta) tetapi mencakup pada segala hal materiil dan non-materiil yang dapat kita berikan untuk menolong orang lain seperti tenaga, waktu, pikiran, pengetahuan, nasehat, dan pengalaman.

Selain berbagi secara langsung, kita juga dapat membantu sesama melalui badan/organisasi/lembaga yang memang bergerak khusus untuk menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan, salah satunya adalah Palang Merah Indonesia (PMI). PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang bergerak terutama di bidang penanganan bencana dan penyediaan darah. Sebagai anggota dari Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, saat ini PMI telah memiliki cabang di seluruh propinsi di Indonesia dengan jutaan relawan yang siap melaksanakan tugas.


Saat ini, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI tidak hanya  berkutat pada bank darah, namun juga pada operasional dapur umum bencana,  pelayanan kesehatan dan ambulans. Untuk memenuhi biaya operasional kegiatan dimaksud, PMI sebagai organisasi yang dibentuk oleh dari dan untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan, maka masyarakat merupakan sumber dana yang utama. Metode untuk menghimpun dana sosial yang diatur sebagaimana peraturan yang berlaku yaitu melalui subsidi pemerintah, bulan dana PMI, maupun pengumpulan dana lainnya. Bulan Dana PMI dijalankan oleh suatu panitia yang bertanggung jawab kepada pejabat pembentuk (tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kotamadya), dalam arti bahwa seluruh hasil usahanya diserahkan kepada Gubernur atau Bupati/Walikota atas nama masyarakat penyumbang diserahkan kepada PMI Cabang setempat. Ketua Panitia Bulan Dana secara bergilir dijabat bergantian oleh anggota MUSPIDA, anggota – anggotanya terdiri dari berbagai unsur masyarakat umum. Bulan Dana merupakan kegiatan resmi, digariskan oleh pemerintah, dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk pemerintah, diawasi oleh pemerintah, dan PMI dalam pemanfaatannya bertanggung jawab kepada pemerintah. Dana yang dihimpun oleh PMI di semua tingkatan harus dipergunakan untuk kepentingan masyarakat dan untuk pengelolaan organisasi diantaranya untuk biaya pertolongan dan bantuan terhadap korban bencana, dana pendidikan dan pelatihan bagi tenaga PMI, dana dukungan pengelolaan transfusi darah, dan dana rutin untuk membiayai keperluan sehari – hari organisasi.

Untuk Bulan Dana Tahun 2015/2016 ini, PMI Cabang DKI Jakarta mengajak kita untuk memberikan donasi sebagai upaya untuk saling membantu sesama. Bantuan dapat diserahkan secara langsung pada markas PMI Cabang DKI Jakarta atau melalui rekening-rekening berikut:
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomor Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
Ayo peduli bantu sesama dengan berkontribusi pada Bulan Dana PMI. Berapapun sumbangan yang anda berikan akan sangat bermanfaat bagi penanganan bencana. Semoga Allah SWT mencatat segala amal baik kita dan menjadikan kita insan yang berguna bagi sesama. Aamiin...

2 comments:

  1. Dengan bisa membantu sesama, kita juga akan di mudahkan rejekinya, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga Pak Amir Mahmud diberi kesehatan dan kemurahan rejeki, Aamiin

      Delete