Lakukan trik psikologi ini untuk membuat orang membeli produk Anda.
Menentukan harga adalah hal yang paling membingungkan bagi sebagian
pengusaha. Jika harga diturunkan terlalu rendah, risikonya adalah untung
sedikit yang didapat. Jika harga ditawarkan terlalu tinggi, risikonya
adalah tak ada pembeli.
Menurut Dan Ariely, pakar perilaku ekonomi, jika Anda kesulitan menjual
dua produk berharga mahal, pertimbangkan untuk memberikan pilihan
ketiga. Majalah Economist pernah melakukan trik ini pada iklan
berlangganan mereka.
Dalam
iklan disebutkan beberapa biaya berlangganan: $59 untuk langganan
online, $125 untuk langganan edisi cetak, dan $125 untuk paket
berlangganan online dan cetak. Hasilnya bisa ditebak, pembaca lebih
banyak yang memilih paket ketiga karena menurut persepsi mereka harga
tersebut lebih murah ketimbang dua opsi lainnya. (lihat gambar pertama).
Namun bagaimana jika opsi kedua (paket langganan cetak seharga $125)
dihilangkan seperti pada gambar kedua? Hasilnya, pembaca lebih memilih
paket berlangganan pertama (paket langganan online senilai $59.
Anda
mungkin bertanya, lalu kenapa Economist tetap memasang harga paket
berlangganan cetak senilai $125 jika tahu tidak akan ada yang
membelinya?
Menurut Dan, melalui iklan tersebut Economist sebenarnya sedang
mengarahkan agar pembaca membeli paket langganan ketiga. Mereka sengaja
mematok harga paket langganan cetak begitu mahal untuk membuat paket
langganan ketiga terlihat lebih murah.
Karena secara psikologi, orang akan memilih harga lebih rendah dan
berani membayar lebih mahal jika mereka bisa mendapatkan layanan atau
produk yang lebih banyak.
Menarik bukan?
sumber: www.wanitawirausaha.com
No comments:
Post a Comment