Thursday 14 August 2014

Kebiasaan Googling Mematikan Kreativitas



Berpikir kreatif diperlukan dalam banyak hal bagi setiap manusia. Di luar konteks yang bersifat dogmatis dan legal rules, berpikir kreatif dapat membantu manusia untuk menemukan berbagai solusi permasalahan yang dihadapi. Bahkan dengan berpikir kreatif, setiap ide yang dihasilkan dapat diubah menjadi uang. Ada banyak cara yang di klaim dapat melatih kreativitas otak manusia, diantaranya:
  1. Membaca
  2. Mengisi Teka Teki Silang
  3. Bermain Puzzle atau Game Strategi
  4. Mengubah Rutinitas
  5. Belajar Bahasa Asing
  6. Mendengarkan Musik
  7. Latihan Fisik
  8. Melatih Tangan yang Pasif
  9. Bersosialisasi
  10. Menekuni Hobi
Salah satu aktivitas yang juga bisa untuk melatih kreativitas otak adalah dengan cara menulis. Bagi sebagian besar orang, menulis memang bukan sesuatu yang mudah, namun dengan membiasakan diri dan terus berlatih, semakin lama tulisan kita akan semakin berkualitas dan enak dibaca. Menulis adalah cara termudah untuk menuangkan gagasan dan ide di saat cara yang lain (melalui forum lisan) tidak memungkinkan untuk dilakukan.
Namun di era spider web ini, menulis bisa juga menjadi aktivitas yang mematikan kreativitas apabila dilakukan dengan cara yang salah. Salah satunya dengan terlalu mengandalkan mesin pencari (dalam bahasa sekarang googling) di browser internet. Dengan bergantung pada aktivitas googling, otak tidak dilatih untuk mengeluarkan ide-ide murni sebagai gagasan dasar dari hasil penulisan. Dalam beberapa hal seperti pencarian referensi ataupun data tulisan memang googling sangat berguna (walaupun harus diperhatikan pula validitas dari data yang diperoleh), namun jika hanya sebatas pada aktivitas copy paste tulisan tentu akan mematikan kreativitas otak kita dalam menulis.
Jadi, manfaatkan googling dengan sebaik-baiknya dengan tetap memperhatikan kaidah yang bijak dalam menggunakan internet.

No comments:

Post a Comment