Thursday 21 April 2016

Mata Sehat Bola Ping Pong

 (gambar: ayobuka.com)

Secara alami, segala sesuatu berubah seiring waktu, termasuk dengan penglihatan kita. Penurunan fungsi penglihatan umumnya dialami pada umur 50 tahun. Namun karena gaya hidup yang banyak memforsir mata, saat jamak ditemui degenerasi fungsi mata pada usia muda. Dan tahukah anda ternyata dengan mengatur pola makan, kita dapat menghambat bahkan meningkatkan fungsi penglihatan kembali normal.

Bawang Putih

Penurun Kolesterol 

Menurut studi Harvard Medical School, tingkat kolesterol ternyata berpengaruh terhadap kesehatan mata. Ini disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi dapat membentuk penumpukan lemak di bawah retina yang pada akhirnya membuat penglihatan menjadi kabur bahkan buta. Studi pada 23 penderita mata kabur yang diberi lipitor dosis tinggi menunjukkan penurunan deposit lemak di bawah retina yang signifikan.
Di sinilah bawang putih memegang peran sebagai penurun kolesterol alami. Mengkonsumsi setengah siung bawang putih sehari dapat menurunkan jumlah total kolesterol dalam tubuh. Senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih terbukti mampu menekan pembentukan kolesterol.

Penstabil Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat menghambat peredaran darah pada retina. Untuk dapat berfungsi dengan maksimal, retina membutuhkan supply oksigen yang diatur oleh sistem peredaran darah. Bawang putih mampu menjadi penstabil tekanan darah yang berefek pada kesehatan penglihatan secara keseluruhan.
Sebagai kesimpulan, bawang putih ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan penglihatan mata kita. Bahan yang mudah didapat dan murah ini tentu tidak mempunyai efek samping sebagaimana obat kimiawi.

Salmon

Asam Lemak Omega-3

Salmon adalah sumber utama tiga jenis asam lemak omega-3 yang menurut National Eye Institute sangat berguna bagi kesehatan mata. Penelitian membuktikan bahwa docosahexaenoic acid (salah satu jenis asam lemak omega-3) mampu menurunkan resiko penurunan fungsi mata akibat masalah pada pembuluh darah.

Wortel

Beta Karoten

Ya, slogan lama bahwa wortel bagus untuk kesehatan mata sangatlah benar. Ini karena wortel kaya akan beta karoten. Di dalam tubuh, beta karoten dikonversi menjadi vitamin A (retinol). Vitamin A berperan penting dalam mengatasi beberapa masalah mata seperti rabun ayam, pandangan kabur, kekeringan, dan luka pada mata.

sumber: familylifegoals.com

No comments:

Post a Comment