Tuesday 4 July 2017

Mandiri Itu Kalau Punya Cadangan Makanan Untuk Keluarga


Kisah Kebun Keluarga Dervaes


Perjalanan Keluarga Dervaes dalam memenuhi kebutuhan pangan sevara mandiri bermula 30 tahun yang lalu saat  Jules Dervaes ingin menyediakan makanan sehat untuk ketiga buah hatinya. Momen itu muncul saat dia berbelanja Taco dan mendapati bahwa bahan-bahan yang digunakan sudah dimodifikasi secara genetis/genetically modified (GMO). Jules berpikir bahwa satu-satunya cara untuk menyediakan makanan sehat bagi keluarganya adalah dengan menanam bahan segar sendiri.

Selama 30 tahun terakhir, dia telah menyulap kebun pribadinya menjadi pertanian yang mampu memproduksi 6.000 pon sayur dan bunga dari 400 jenis spesies selama satu tahun. Lebih hebat lagi, mereka juga membiakkan lebah, ayam, itik, dan kambing yang mampu memproduksi sekitar 25 lbs madu dan 1900 butir telur yang kesemua hewan ternak itu diperlakukan dengan penuh kasih sayang.

Semua ini jauh di luar perkiraan Keluarga Dervaes yang tadinya skeptis bahwa kebun kecil mereka akan mampu memberi makan keluarga secara mandiri alih-alih menjual kelebihannya ke pasar. Saat ini kebun mereka mampu memberikan penghasilan tambahan sebesar 20.000 US$ per tahun, membuat restoran pemenang penghargaan mengetuk pintu mereka untuk membeli sayur mayur, dan 6 juta hits selama sebulan dalam akun FB mereka. Ini lebih dari cukup untuk dapat membantu keuangan keluarga dan tetap memelihara kebun mereka.

Komitmen Terhadap Lingkungan dan Masa Depan


Komitmen Jules terhadap lingkungan dan masa depan tidak hanya terbatas pada makanan yang mereka konsumsi, rumah mereka juga dilengkapi dengan panel surya yang mampu menghemat tagihan listrik menjadi di bawah 12 US$ setiap bulannya.

Itu pun masih belum seberapa, coba lihat bagaimana mereka mengisi bahan bakar untuk kendaraan. Alih-alih pergi ke pom bensin, mereka memanfaatkan minyak bekas pada restoran lokal dan mengubahnya menjadi bahan bakar kendaraan lewat proses penyulingan biodiesel milik sendiri!

Bagi Jules, mengelola pertanian hanyalah sebuah langkah awal, dia berkeinginan menciptakan hunian bagi anak-anak mereka untuk membangun keluarga dengan dikelilingi orang-orang yang seide: orang-orang bebas yang mampu melindungi planet.

"Memproduksi makananmu sendiri adalah sebuah langkah berani, karena dengan begitu Anda menjadi orang yang bebas. Kita tinggal di perahu yang sama, di planet yang sama, dan sekarang semakin banyak orang yang mempertanyakan masa depan planet kita"

Keluarga Jule Dervaes adalah inspirasi mengagumkan tentang bagaimana hidup mandiri tanpa mengabaikan peradaban yang tumbuh berkembang di sekeliling kita. Tidak semua dari kita mampu mengelola pertanian yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia, tapi setiap dari kita mampu menanam sendiri bahan pangan dis ekitar kita minimal untuk memenuhi kebutuhan pangan diri sendiri.

sumber: familylifegoals.com

No comments:

Post a Comment