Monday 22 September 2014

Berhijab Dengan Rambut Tetap Sehat



(foto:tanyadok.com)

Bagi muslimah, mengenakan hijab adalah suatu kewajiban sebagaimana perintah Allah di Al-Quran, salah satunya dalam surat Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi: ”Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin,”Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak di ganggu”.
Apakah dengan berhijab seorang wanita bisa mengabaikan kesehatan rambutnya?
Tentu tidak.
Kesehatan dan keindahan rambut perlu tetap diperhatikan agar tidak mempengaruhi kesehatan dan kesegaran kita secara keseluruhan. Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam merawat rambut berhijab:
  • Bebaskan rambut anda. Menutupi rambut dengan kain, selain karena kewajiban identitas seorang muslimah dan agar terhindar dari gangguan orang yang berniat jahat, dapat melindungi rambut dari pengaruh buruk sinar UV. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang mempunyai efek yang jahat bagi kulit dan rambut kita. Apalagi di Indonesia yang beriklim tropis, terlalu sering terpapar sinar UV akan membuat rambut kita kering dan kusam. Namun demikian bagi wanita yang sepanjang hari beraktivitas di luar rumah, memakai hijab akan meningkatkan resiko kulit kepala berjamur hingga rambut 'lepek' karena  tidak terkena angin alami. Saat di rumah, sering-seringlah menggerai rambut agar rambut bisa bernafas dan mendapatkan angin alami serta untuk mengurangi ketegangan pada kulit kepala bagi anda yang berambut panjang dan harus mengikat rambut saat berhijab;
  • Atur periode keramas. Jika anda terbiasa keramas setiap hari, sebaiknya kurangi frekuensinya menjadi 2 hari sekali. Rambut yang berhijab terlindung dari debu dan polusi sehingga bersih lebih lama tanpa harus sering keramas. Semakin bertambah usia, kekuatan akar dan batang rambut akan semakin berkurang dan disadari atau tidak, kandungan bahan kimia dalam shampo produksi massal yang anda pakai akan semakin lama akan merusak rambut anda. Keuntungan lain dari mengatur periode keramas adalah minyak alami rambut akan keluar dengan sendirinya dan melembabkan serta memperbaiki rambut yang rapuh dan rusak. Selain itu, atur jamnya sehingga saat anda harus mengenakan hijab, rambut sudah kering sempurna;
  • Rajin menyisir rambut. Rambut perlu sering disisir untuk menghindari kekusutan dan fungsi pemijatan kulit kepala. Sisir lembut rambut anda tanpa harus menarik dan membuatnya tercerabut dari kulit kepala. Dengan rajin menyisir rambut, kulit kepala akan lebih sehat dan lebih banyak memproduksi minyak alaminya. Namun demikian perlu dihindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut yang basah cenderung rapuh, dan juga jangan biarkan sampai benar-benar mengering. Jadi saat rambut anda sudah setengah kering, segera sisir rapi rambut anda untuk lebih mudah menatanya.
  • Kenakan hijab yang nyaman dan bersih. Kebersihan hijab yang anda pakai akan ikut mempengaruhi kualitas kebersihan rambut anda. Meski tidak harus mencucinya setiap hari, saat hijab sudah mulai kotor terkena keringat dan debu segera cuci hijab anda.

No comments:

Post a Comment