Tuesday 7 October 2014

15 Cara Efektif Membangun Sikap Positif

Berikut adalah artikel yang sangat menginspirasi yang diterjemahkan dari www.earthweareone.com tentang bagaimana cara menghalau sikap negatif dan membangun sikap positif diri kita.

(foto: linkedin.com)


Saat aku remaja, aku adalah korban utama bullying di SMA. Suatu hari aku pulang sambil menangis dan menulis di whiteboard yang tergantung di dinding kamar tidur: "Aku benci penindas. Mereka membuatku merasa seperti pecundang"
Keesokan harinya saat aku di sekolah, nenek menghapus tulisanku di whiteboard dan menggantinya dengan ini: "Seluruh air sebanyak Samudera Pasifik tidak akan bisa menenggelamkan sebuah kapal kecuali air itu masuk ke dalam kapal. Begitu pula dengan semua hal negatif di dunia ini tidak dapat menenggelamkanmu kecuali kamu mengijinkannya untuk masuk ke kepalamu"
Hari itu aku merasa lebih baik. Aku membuat keputusan untuk berhenti membiarkan pikiran-pikiran buruk tentang penindasan itu masuk ke kepalaku. Aku mengubah cara pandangku terhadap penting atau tidaknya  bullying sebagai prioritas pemikiranku.
Tidak mudah untuk tetap bersikap positif saat kita dilingkupi oleh orang-orang yang bersikap negatif, tapi ingat, kita punya kontrol penuh atas pikiran kita. Percayalah, kita bisa membentengi diri kita dari pikiran-pikiran negatif dengan beberapa prinsip berikut ini:
  1. Apa yang dipikirkan orang lain tentang aku adalah masalah mereka, bukan masalahku -- Jangan mudah menanggapi orang yang negatif. Kebanyakan orang yang berlaku negatif tidak hanya kepada kita, tetapi juga kepada setiap orang yang berinteraksi dengan mereka. Apa yang mereka katakan atau lakukan adalah cerminan dari kenyataan hidup mereka. Bahkan jika seseorang menghinamu secara langsung, biasanya bukan karena kita pantas untuk dihina, melainkan karena mereka tidak bahagia.
  2. Aku bebas menjadi diriku sendiri -- Bahagia dapat diraih saat kita berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain dan selalu menuruti keinginan orang lain. Berhenti menjalani hidup atas opini orang lain dan jadilah diri sendiri. 
  3. Hidup tidaklah selalu sempurna, tapi tetap saja menakjubkan! -- Tujuan hidup kita seharusnya bukan menciptakan hidup yang sempurna, melainkan tetap berbahagia dengan segala ketidaksempurnaan kita, menyadari bawha setiap hari yang kita jalani adalah berkah.
  4. Tidak apa-apa untuk sesekali terjatuh -- Mengharapkan hidup untuk selalu sempurna bagaikan berenang di lautan yang ombaknya selalu naik tanpa pernah turun. Bersahabat dengan ombak yang naik turun adalah cara yang tepat untuk menjalaninya.
  5. Bahkan saat aku terpuruk, aku punya banyak hal untuk disyukuri -- Kita cenderung merasa bahwa kita hanya bahagia saat kita mendapatkan apa yang kita inginkan, dan melupakan atas apa yang telah kita miliki. Stress akan mengancam saat daftar rasa khawatir lebih panjang dari daftar  rasa syukur. Sebaliknya, bahagia muncul saat daftar rasa syukur labih panjang dari daftar rasa khawatir. Jadi temukan sesuatu untuk disyukuri saat ini juga.
  6. Setiap pengalaman adalah pelajaran berharga -- Kesalahan dan kekecewaan adalah dua batu utama menuju sukses. Jangan biarkan pelajaran yang keras melemahkan semangatmu. Saat sesuatu tidak sesuai dengan keinginan kita, tetaplah belajar dan jadikan pengalaman negatif sebagai guru yang berharga. Ingat, pelajaran paling berharga dalam hidup didapatkan dari saat paling buruk yang kita alami dan kesalahan paling fatal yang kita lakukan
  7. Tidak ada yang abadi di dunia -- Perubahan bisa jadi menakutkan, tetapi semua pertumbuhan positif dan penyembuhan memerlukan perubahan. Kuatlah saat segala sesuatu nampak salah, tetaplah mangambil langkah kecil, pada akhirnya kita akan menemukan apa yang kita cari. Belajarlah untuk mempercayai perjalanan hidup kita, bahkan saat kita tidak memahaminya
  8. Berbuat salah adalah langkah awal untuk benar -- Terkadang pilihan yang salah mampu membawa kita pada tempat yang benar. Untuk menjadi kreatif dan produktif, kita harus mampu menyingkirkan ketakutan untuk berbuat salah.
  9. Aku tidak perlu mempertahankan apa yang membelengguku -- Hargai diri dengan berani meninggalkan segala sesuatu yang tidak membuat kita tumbuh kuat.
  10. Kebahagiaanku adalah tanggung jawabku -- Bahagia dimulai dari diri sendiri, tidak dari orang lain, pekerjaan, dan uang, tetapi dari diri kita sendiri.
  11. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bersikap positif -- Mereka adalah orang-orang yang mampu melihat kebaikanmu bahkan saat kamu tidak menyadarinya
  12. Drama dan penilaian yang berlebihan adalah penghalang bagi kebahagiaan -- Ambil nafas panjang dan mulailah melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda untuk dapat memahami situasi dan kondisi di mana kita berada, itu akan membantu kita untuk bersikap lebih positif
  13. Kebanyakan orang menilai aku lebih jarang daripada kelihatannya -- Sebenarnya, saat kita sibuk mengkhawatirkan yang orang lain pikirkan tentang kita, mereka sedang sibuk mengkhawatirkan apa yang kita pikir tentang mereka. Lucu bukan? tapi itu benar
  14. Aku bisa menjadikan bumi tempat yang lebih baik -- Sebisa mungkin bantulah satu orang setiap hari bahkan untuk hal-hal kecil. Dengan menjadi jawaban atas doa-doa orang lain, kita sering menemukan jawaban atas doa-doa kita sendiri. Lebih mudah bagi kita untuk tersenyum saat orang-orang dis ekitar kita bahagia
  15. Semua kerja keras di atas sangat bermanfaat bagi kita -- Memang tidak mudah untuk membangun sikap positif dengan poin-poin di atas, tapi kita akan memetik hasilnya dengan hidup yang lebih bahagia

No comments:

Post a Comment