Wednesday 28 January 2015

10 Artefak Teknologi Kuno yang Misterius


The Grooved Sphered

Selama beberapa dekade belakangan ini, para penambang di Afrika telah menggali logam bulat yang misterius. Bulatan ini berdiameter kurang lebih satu inci, dan beberapa dihiasi dengan tiga guratan yang peralel di tengah-tengahnya. Telah ditemukan dua jenis logam, yang pertama adalah logam padat berwarna kebiruan dengan bercak putih, yang kedua logam berlubang dengan substansi spons putih di dalamnya. Kejutannya adalah usia logam itu adalah 2,8 juta tahun!! Siapa yang membuat dan apa tujuannya tidak diketahui.


The Dropa Stones

Pada 1938, tim arkeologi yang dipimpin oleh Dr. Chi Pu Tei melakukan ekspedisi ke Gunung Baian-Kara-Ula di China. Mereka menemukan ratusan cakram batu di lantai gua. Berdiameter sekitar 9 inci, tiap cakram memiliki lubang di tengahnya serta guratan melingkar di sekeliling lempengannya yang mengingatkan kita pada piringan fonograf kuno berusia 10.000 sampai 12.000 tahun. Yang lebih mengejutkan, ternyata guratan melingkar itu adalah hieroglif kecil yang menceritakan tentang benda dari angkasa yang berasal dari tempat yang sangat jauh yang jatuh di pegunungan bumi. Benda/pesawat itu dikemudikan oleh mereka yang menamakan diri mereka Dropa.


The Ica Stones

Dimulai pada 1930an, ayah Dr. Javier Cabrera, Antropolog Budaya tentang Ica, Peru menemukan ratusan batu yang dikubur dalam makam suku Inca kuno. Dr Cabrera lalu meneruskan pekerjaan ayahnya dan menemukan ribuan batu lainnya. Batu ini berjenis batuan andesit yang diperkirakan berusia antara 500 hingga 1500 tahun, batu-batu ini dikenal sebagai Batu-batu Ica. Batuan ini dilukis dengan menggunakan teknik grafir, kebanyakan bertema tentang seksual (yang sangat umum pada masa itu), bentuk-bentuk populer, serta karya-karya lain yang menggambarkan praktik bedah jantung dan transplantasi otak. Yang menakjubkan terdapat gambar dinosaurus - brontosaurus, triceratops (lihat foto), stegosaurus, dan pterosaurus.


The Antikythera Mechanism

Artefak misterius di bangkai kapal yang ditemukan oleh penyelam sponge lepas pantai Antikythera, pulau kecil di barat laut Kreta, Yunani. mereka mengangkat ratusan marmer dan patung perunggu yang diperkirakan sebagai muatan kapal. Diantaranya terdapat bentuk perunggu berkarat yang menunjukkan mekanisme gir dan setir. Pada pembungkusnya terdapat tanda yang menunjukkan tahun pembuatannya yaitu 80 SM. Banyak ahli menduga benda itu adalah astrolabe, salah satu perlengkapan dalam astronomi. Namun uji sinar-X menunjukkan bahwa benda itu mempunyai struktur gir kompleks yang menakjubkan. Menurut catatan, kompleksitas gir semacam ini baru dikenal pada Tahun 1575 M! Sampai saat ini belum ada petunjuk lebih lanjut siapa yang menciptakan instrumen hebat ini 2000 tahun yang lalu serta bagaimana teknologi ini bisa hilang.


The Baghdad Battery

Saat ini, baterai dapat dengan mudah ditemui di minimarket dan warung kelontong. Gambar di atas adalah baterai yang berusia 2000 tahun! Dikenal sebagai Baterai Baghdad, artefak misterius ini ditemukan di reruntuhan Desa Parthian. Benda ini terdiri dari wadah tanah liat sepanjang 5,5 inci, di dalamnya terdapat tabung yang direkatkan dengan aspal. tabung itu berisi batangan besi yang teroksidasi. Para ahli yang menelitinya menyatakan bahwa untuk mengoperasikan alat tersebut hanya perlu mengisinya dengan cairan asam atau alkali untuk menghasilkan tegangan listrik. Alat ini dipercaya telah digunakan dalam proses elektroplating, yaitu melapisi objek dengan emas. Jika memang demikian, bagaimana teknologi ini bisa hilang dan baterai baru ditemukan 1800 tahun kemudian.


The Coso Artifact

Saat marak perburuan mineral di pegunungan daerah Olancha, California, pada musin dingin Tahun 1961, Wallace Lane, Virginia Maxey, dan Mike Mikesell menemukan batu yang mereka kira geode (salah satu jenis batuan permata) untuk dijual di toko mereka. Saat membelahnya, Mikesell menemukan objek serupa porselen dengan ulir kecil pada bagian tengah di dalamnya. Para ahli memperkirakan fosil ini berusia 500 ribu tahun, namun obyek di dalamnya (yang kemungkinan buatan manusia) telah menimbulkan tanda tanya besar. Penyelidikan lebih lanjut menunjukkan bahwa porselen itu diselubungi oleh bentuk heksagonal yang dengan sinar-X ditemukan spiral kecil di masing-masing ujungnya. Bentuk ini serupa dengan busi modern. Tetapi bagaimana benda itu bisa masuk pada batuan berumur 500 ribu tahun?


Model Pesawat Terbang Kuno

Terdapat artefak milik Bangsa Mesir Kuno dan budaya dari Amerika Tengah yang serupa dengan model pesawat terbang. Artefak Mesir ditemukan di makam Saqquara pada 1898, berupa obyek kayu sepanjang 6 inci yang sangat mirip dengan model pesawat terbang, dengan bentuk badan pesawat, sayap, dan ekor. Para ahli percaya bahwa obyel ini sangat aerodinamis. Benda kaecil yang ditemukan di Amerika Tengah diperkirakan berusia 1000 tahun yang terbuat dari emas seperti terlihat dalam foto.


Bola Batu Besar dari Kostarika

Pekerja yang membuka lahan untuk kebun pisang di pedalaman hutan Kostarika pada Tahun 1930an terkejut dengan ditemukannya puluhan bola batu berbagai ukuran, mulai dari sebesar bola tenis sampai yang berdiameter 8 kaki dengan berat mencapai 16 ton! Meski bola-bola ini jelas buatan manusia, tidak diketahui siapa yang membuat dan untuk tujuan apa, dan yang membingungkan, bagaimana mereka membuatnya dengan presisi yang sempurna.


Imposible Fossil

Seperti kita ketahui, fosil terbetukada batuan ribuan tahun lalu. Namun ada beberapa temuan fosil yang tidak masuk akal secara hitungan sejarah. Salah satu contohnya fosil cap tangan manusia pada batuan kapur berusia 110 ribu tahun. 


Benda Logam yang Salah Tempat

Menurut literatur sejarah, manusia bahkan belum ada pada 65 juta tahun lalu. Lalu bagaimana ilmu pengetahuan menjelaskan tabung metal yang terkubur dalam batuan kapur zaman Kretaseus di Prancis? Pada 1885, sebongkah batu bara menyimpan benda metal berbetuk sextant (yang jelas-jelas buatan manusis) di dalamnya. Di Tahun 1912, pekerja di pembangkit listrik memecahkan batu bara yang berisi ketel logam! Sebuah paku ditemukan terkubur dalam batuan pasir zaman Mesozoic. Dan banyak lagi anomali yang semacam itu.
Terdapat beberapa dugaan dari anomali semacam ini, yaitu:
  • Manusia pintar telah ada jauh sebelum literatur sejarah yang diakui
  • Makhluk dan peradaban yang tinggi telah ada jauh sebelum sejarah modern berhasil menemukannya
  • Metode penaksiran usia batuan kita tidak akurat
(sumber: www.earthweareone.com)

No comments:

Post a Comment