Sunday 25 January 2015

Cintai Diri Anda Dengan Mulai Melakukan Hal Ini

Marc dan Angel, pengarang 1000 Little Things Happy Successful People Do Differently membuat daftar dari hal-hal yang harus anda mulai lakukan untuk hidup lebih bahagia

 
# Mulai menghabiskan waktu dengan orang yang tepat - Orang-orang ini adalah orang yang membuat anda nyaman, yang menyayangi dan menghargai anda.
# Mulai menghadapi masalah-masalah anda - Anda dinilai bukan dari masalah-masalah anda, tetapi dari bagaimana anda bereaksi dalam menghadapinya. Masalah tidak akan hilang jika anda tidak berusaha untuk mengatasinya. Lakukan apa yang anda bisa. Ini seperti analogi langkah bayi di jalur yang tepat, inci demi inci. Satu inci pun dihitung sebagai kemajuan yang pada akhirnya anda telah mengambil langkah yang besar untuk menghadapi masalah.
# Mulai jujur dengan diri sendiri terhadap segala sesuatu - Jujur terhadap kebenaran dan mau berubah untuk meraihnya. Jujur terhadap apa yang anda inginkan dalam hidup.
# Mulai menempatkan kebahagiaan anda sebagai prioritas - Bukan sesuatu yang egois saat anda juga menghitung kebahagiaan anda sebagai sesuatu yang penting. Sangatlah mungkin memperhatikan kebutuhan orang-orang yang anda sayangi dengan tidak mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. Saat anda merasa bahagia, anda akan mampu menolong lebih banyak orang di sekitar anda.
# Mulai bangga menjadi diri sendiri - Mencoba menjadi orang lain hanyalah kesia-siaan. Jadilah diri sendiri.
# Mulai hidup pada 'masa sekarang' - Sekarang adalah keajaiban, sekarang adalah kehidupan, jadi berhenti meresahkan masa depan dan menyesali masa lalu.
# Mulai menghargai pelajaran atas kesalahan-kesalahan masa lalu - Berbuat salah adalah wajar. Jika anda tidak pernah berbuat salah, anda tidak akan belajar. Ambil resiko, jatuh, ambil pelajaran, bangkit, dan mencoba lagi.
# Mulai lebih sopan pada diri sendiri - Cara anda memperlakukan diri sendiri adalah standar bagi orang lain dalam memperlakukan anda.
# Mulai mensyukuri apa yang anda punya - Terkadang kita berpikiran bahwa kita akan lebih bahagia jika  memiliki hal-hal tertentu yang tidak kita punyai. Apabila demikian yang terjadi, anda akan menghabiskan hidup hanya untuk mengejar hal-hal yang tidak anda miliki dan lupa bersyukur dan menikmati akan apa yang sudah anda miliki.
# Mulai menciptakan kebahagiaan anda sendiri - Pilih dan ciptakan kebahagiaan anda sendiri, anda tidak harus bergantung pada orang lain untuk bahagia.
# Mulai memberi kesempatan pada ide dan mimpi anda untuk menjadi kenyataan - Dalam hidup, jangan hanya mengandalkan kesempatan datang, ciptakan kesempatan. Tidak ada jaminan 100% berhasil tetapi hanya ada dua kemungkinan, anda berhasil atau anda memperoleh pelajaran darinya.
# Mulai percaya anda siap menjadi lebih baik - Anda siap! Anda selalu bisa untuk menjadi lebih baik. Ambil satu langkah kecil tetapi realistis, dan anda tidak akan menjadi orang yang merugi.
# Mulai menjalin hubungan dengan alasan yang jelas - Bagi anda yang masih sendiri, jelas pernyataan ini menunjukkan bahwa hubungan yang nantinya anda bangun  harus dilandasi oleh alasan yang tepat, bukan sebuah kepura-puraan. Bagi anda yang sudah membangun sebuah hubungan, coba nilai kembali dan perbaiki apapun yang akan mengarah pada kebahagiaan hubungan anda.
# Mulai ikut senang dengan keberhasilan orang lain - Berbahagialah untuk mereka yang mempunyai kemajuan, banggalah dengan keberhasilan mereka, bersyukurlah atas apa yang mereka dapat. Semakin lama akan semakin banyak orang yang ikut berbahagia untuk anda.
# Mulai mencari garis perak dalam keterpurukan - Saat keadaan sedang berat dan anda merasa terpuruk, tariklah nafas dan mulai mencari garis perak, yaitu secercah kilau harapan dalam kegelapan. Ingatkan diri anda bahwa anda bisa dan akan tumbuh lebih kuat dari masa sulit ini.
# Mulai memafkan diri anda sendiri dan orang lain - Memaafkan adalah obat. Bukan berarti anda menghapus atau melupakan yang telah terjadi, tetapi melepaskan rasa sakit untuk melangkah lagi dalam hidup.
# Mulai membantu orang di sekitar anda - Pedulilah pada sekitar. Tidak hanya urusan materi, dukungan moril dan pengetahuan bisa jadi sangat dibutuhkan lingkungan anda.
# Mulai mendengarkan suara hati - Tidak ada salahnya mengikuti intuisi dalam mengambil keputusan, apalagi jika itu berpengaruh besar dalam hidup anda.
# Mulai belajar mengelola stress - Saat anda pada tingkat tekanan yang tinggi, rehat sejenak dapat membantu menata ulang pikiran dan meningkatkan produktivitas.
# Mulai memperhatikan keindahan momen kecil dalam hidup - Temukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil yang terjadi setiap hari. Minum kopi (atau minuman lain yang anda suka) di pagi hari, bau sarapan yang lezat, atau momen bergandengan tangan dengan pasangan anda.
# Mulai tebuka terhadap apa yang anda rasakan - Saat anda terluka, beri waktu dan ruang yang dibutuhkan untuk merasa sedih, tetapi terbukalah dan jangan ditutupi, lalu bicarakan dengan orang terdekat untuk meredakannya serta agar anda dapat merasa lebih baik.
# Mulai bertanggung jawab pada diri sendiri - Apapun pilihan yang anda ambil, anda harus dapat bertanggung jawab terhadap hidup anda. Jangan mudah menimpakan kesalahan pada orang/hal lain terhadap apa yang terjadi dalam hidup anda.
# Mulai berkonsentrasi pada hal yang bisa anda kendalikan - Tentu saja diimbangi dengan memasrahkan apa yang tidak dapat anda kendalikan. Anda tidak dapat mengubah segalanya, tapi anda dapat mengubah sesuatu. Membuang waktu, tenaga, dan pikiran pada sesuatu yang berada di luar kendali anda hanya akan menyebabkan frustasi, penderitaan, dan stagnasi.
# Mulai belajar berpikir positif - Sudah banyak literatur yang menjelaskan pentingnya berpikir dan bersikap positif. emosi negatif hanya akan merusak anda, sebaliknya energi positif akan dapat membuka banyak kesempatan dalam hidup anda.

sumber: www.earthweareone.com

No comments:

Post a Comment