Thursday 11 August 2016

Meniran, Chanca Piedra, The Stone Crusher

gambar: detikindonesia.com

Bangsa Spanyol memberi nama Chanca Piedra yang berarti "penghancur batu", di Indonesia khususnya wilayah Jawa dikenal sebagai Meniran. Menurut Phillys Balch dalam bukunya "Prescription for Natural Healing", meniran kaya akan zat fitokimia termasuk diantaranya limonene, lupeol, metil saisilat, uercetin, quercitrin, rutin, dan saponin. Sebagai informasi, fitokimia adalah komponen antioksidan yang ditemukan dalam tanaman, yang berguna untuk memerangi peradangan serta infeksi virus dan bakteri. Meskipun dikenal luas sebagai tanaman herbal untuk mengatasi batu ginjal, meniran juga mampu mengatasi asma, bronkitis, influenza, masalah pencernaan, diare, demam, otot kaku, dan pereda nyeri. 

Manfaat Chanca Piedra

Ada banyak studi yang mengungkapkan manfaat chanca piedra. Salah satunya adalah mampu menghambat pembentukan dan menghancurkan kristal kalsium oksalat (komponen batu ginjal). Komponen yang terdapat dalam herba ini juga mampu meredakan gejala pembuluh darah kaku pada ginjal dan kantung kemih sehingga melancarkan keluarnya urin.

Jenis Batu Ginjal
  1. Batu kalsium: adalah jenis yang paling umum terbentuk dari kalsium oksalat. Oksalat merupakan bahan alami  yang terkandung di banyak makanan.
  2. Batu cystine: sangat jarang ditemukan karena hanya terjadi pada individu yang secara genetik mempunayi kelainan cystunaria.
  3. Batu struvite: bisa jadi merupakan akibat dari infeksi. Batu-batu ini dapat tumbuh besar dengan cepat. Wanita lebih rentan menderita kaitannya dengan infeksi saluran kemih.
  4. Batu uric acid: dikarenakan buangan dari tubuh yang tidak dapat keluar dengan sempurna. Cenderung menyerang orang-orang yang kurang mengkonsumsi air, pelaku diet protein tinggi, penderita radang usus, dan penderita sam urat akut. 
Gejala Umum Batu Ginjal
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Rasa ingin kencing yang berlebihan
  • Rasa sakit pada punggung dan perut bawah
  • Rasa sakit yang menjalar dari dari punggung, tepi, menuju kemaluan
  • Mua dan atau muntah
Catatan Yang Perlu Diperhatikan
  • Meniran bisa didapatkan dalam bentuk ekstrak cair, kapsul,  tablet dan teh kering.
  • Herbal ini bersifat diuretik. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan mineral dalam tubuh.
  • Orang dengan gejala jantung dan atau sedang mengkonsumsi obat jantung harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi meniran.
  • Meniran dapat berlawanan dengan penggunaan obat diuretik, diabetes, dan hipertensi.
  • Tidak untuk wanita hamil.
sumber: theheartysoul.com

No comments:

Post a Comment