Monday 13 March 2017

7 Fakta Menarik Tentang Golongan Darah Anda


Ternyata, tidak semua orang mengetahui golongan darah masing-masing. Padahal mengetahui golongan darah sangatlah penting bagi kita. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang golongan darah yang perlu anda ketahui:

1. Mengetahui golongan darah dapat menyelamatkan nyawa anda
Ini berkaitan jika seumpama terjadi kecelakaan yang mengharuskan anda melakukan transfusi darah. Seperti yang diketahui, kesalahan pada transfusi darah akan menimbulkan effek yang membahayakan bagi tubuh, komplikasi organ bahkan kematian.

2. Kebutuhan nutrisi yang berbeda
Peter J D'Adamo, seorang naturopatis terkenal menyatakan bahwa nutrisi yang diperlukan berbeda sesuai golongan darah. Sebagai contoh, individu bergolongan darah O harus mengkonsumsi protein, baik itu dari daging merah, daging unggas, ikan, dan sayuran. Ini karena mereka cenderung rentan bermasalah pada pencernaan. Sementara itu orang bergolongan darah A cenderung memiliki sistem imun yang sensitif, sehingga disarankan untuk sering mengkonsumsi lemon, brokoli, bayam, dan bawang putih. Selain itu disarankan untuk menghindari lemak trans, minyak sayur, dan alkohol. Bagi golongan darah AB, lebih condong untuk kekurangan asam lambung yang berarti bahwa mereka harus menstimulasi produksinya untuk menunjang pencernaan makanan dengan cara rutin mengkonsumsi madu dan cuka apel.

3. Periksa golongan darah anda jika sering stress atau marah
Golongan darah O cenderung mengungkapkan rasa marah dengan meledak-ledak, sementara golongan darah A memproduksi kortisol yang berlebihan sehingga mudah merasa stres.

4. Tipe golongan darah dan kanker
Beberapa orang cenderung rentan terhadap kanker daripada lainnya. Para peneliti setuju jika ini berkorelasi dengan tipe golongan darah. Masalah ini telah beberapa kali diteliti yang mengambil kesimpulan bahwa golongan darah O memiliki resiko kanker lambung 20% lebih besar dari lainnya. Penelitian lainnya menunjukkan golongan darah O juga diasosiasikan dengan peluang yang lebih tinggi menderita luka lambung. Sementara itu golongan darah A sering berhadapan dengan masalah kolesterol LDL.

5. Golongan darah mempengaruhi lingkar perut
Salah satu studi menghasilkan bahwa golongan darah A, cenderung bereaksi negatif terhadap jenis-jenis makanan ikan laut, susu, dan daging karena bisa mengakibatkan kembung, asam lambung, gangguan pencernaan, dan meningkatnya resiko diabetes. Selain itu mereka juga cenderung mempunyai lingkar perut yang besar.

6. Golongan darah dan kepribadian
Fakta ini telah lama diungkapkan dalam pengobatan tradisional Asia, yaitu bahwa golongan darah mempengaruhi kepribadian seseorang dan orang dengan golongan darah yang sama biasanya mempunyai kpribadian dan kebiasaan yang hampir mirip.
Orang dengan golongan darah O sering khawatir,  namun lebih praktis dan terorganisir. Sedangkan golongan darah AB cenderung tangguh, rasional, tetapi lebih tidak khawatir.
Golongan darah B lebih mudah bergaul, fleksibel secara emosi, ramah, dan bersahabat. Sementara golongan darah A penyayang dan peduli terhadap orang lain.

7. Faktor  Rhesus dalam darah mempengaruhi perkembangan janin
Selain diklasifikasikan dalam 4 tipe, darah juga dibedakan oleh karakteristik rhesus, yaitu positif dan negatif. Hampir 85% orang mempunyai rhesus positif. Saat dua orang mempunyai rhesus yang sama, maka tidak akan terjadi komplikasi, namun jika berbeda (utamanya pada pasangan pria dengan rhesus positif dengan wanita berhesus negatif) akan beresiko terhadap janin yang dikandung.

sumber: barenaturaltruth.com


No comments:

Post a Comment