Wednesday 18 June 2014

Water, Healthy Body Start From Here


(sumber foto: www.maroomedia.com)

Mayoritas dari kita sudah mengerti bahwa air penting bagi kehidupan. Segala makhluk di bumi memerlukan air, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, bahkan NASA mensyaratkan planet tujuan tempat tinggal manusia berikutnya harus mempunyai kandungan air (betul begitu bukan sih?). Bagi manusia, peran air sangat vital bagi kelangsungan hidupnya, mulai dari urusan pelepas dahaga, hidrasi tubuh, sampai urusan MCK (mandi cuci kakus).
Air menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Banyak dikatakan bahwa manusia bisa hidup 40 hari tanpa makanan tetapi bisa mati jika 3 hari tanpa air. Metabolisme serta kerja organ-organ vital kita banyak di tunjang oleh air. Dalam berbagai jurnal kesehatan banyak disebutkan bahwa otak terdiri dari 95% air, darah 85% dan paru-paru 82%. Bisa dibayangkan jika tubuh kita kekurangan cairan, kerja organ-organ tubuh kita akan terganggu, mulai dari kasus dehidrasi ringan (yang bisa menyebabkan badan letih, lesu, dan kehilangan konsentrasi), hingga dehidrasi berat (gagal fungsi organ dan penuaan dini pada kulit, rambut, dan organ luar lainnya).
Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, banyak disarankan untuk mengkonsumsi 2 liter atau 8 gelas air sehari, Jumlah ini diharapkan dapat memelihara keseimbangan cairan tubuh, mengatur temperatur tubuh, menghilangkan racun, memberi tenaga bagi otot, menjaga kulit tetap sehat, dan memperbaiki fungsi ginjal. Studi lebih lanjut menyatakan bahwa meminum air pada waktu-waktu tertentu dapat meningkatkan efektifitas manfaat air bagi tubuh kita, yaitu:
  • 2 Gelas setelah bangun tidur: membantu mengaktifkan fungsi organ dalam
  • 1 Gelas sebelum makan: melancarkan saluran cerna
  • 1 Gelas sebelum mandi: membantu menurunkan tekanan darah
  • 1 Gelas sebelum tidur: menurunkan resiko serangan jantung
Jadi, tunggu apa lagi? Healthy body start from here..

No comments:

Post a Comment