Sunday 1 June 2014

Gunung Padang dan Misteri Peradaban Dunia



Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat ramai dibicarakan beberapa kalangan akhir-akhir ini. Mulai dari ilmuwan, birokrat, politisi, media massa, dan orang awam yang tertarik pada sejarah banyak yang dibuat penasaran akan keberadaan situs ini. Dari awalnya yang dianggap sebagai bukit alami dengan bentuk simetri menyerupai piramida, akhirnya dibentuklah tim khusus yang bertanggung jawab untuk melakukan penggalian dan mengungkap rahasia sejarah Gunung Padang.
Nenek moyang manusia di wilayah manapun dan masa kapanpun nampaknya sudah mempunyai ambisi untuk membangun monumen yang dapat bertahan lama melintasi waktu. Mulai dari Stonehenge, piramida di Mesir, Candi Borobudur, sampai dengan kota kuno Suku Maya di Benua Amerika. Bangunan-bangunan ini dapat menjadi pintu bagi manusia di masa setelahnya untuk mempelajari banyak hal tentang pendahulunya.
Laporan pertama tentang keberadaan situs ini tercatat pada Tahun 1914 pada Buletin Dinas Kepurbakalaan (Rapporten van de Oudheidkundige Dienst). Namun baru pada Tahun 1979 dilakukan kajian arkeologi, sejarah, dan geologi oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Gunung Padang sendiri diduga merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara.
Analisa awal dari situs ini merujuk pada masa 5000 tahun Sebelum Masehi yang menjadikannya sejajar dengan situs-situs purba lain di Eropa dan Asia. Kejutan dari penelitian awal ini adalah bahwa situs ini tidak berdiri di atas bukit, melainkan bukit itu sendiri! Berbentuk piramida dengan struktur teras berundak dan tembok pembatas, situs ini dipenuhi susunan batu vulkanik yang diatur dengan garis dan bentuk yang rapi. Penelitian lanjutan akhir-akhir ini menemukan bahwa bagian bawah Gunung Padang mempunyai ruang-ruang bersekat sebagaimana piramida di Mesir dan struktur-struktur kuno lain yang terkubur ribuan tahun melalui proses reklamasi alami.Tidak heran jika penduduk Sunda lokal sangat mengkeramatkan situs ini.
Berbeda dari temuan awal tentang usia situs, ekskavasi lanjutan menunjukkan tahun yang mencengangkan, mulai dari angka 5000 SM, 8000 SM, 10000 SM, sampai 23000 SM. Angka-angka ini sangat fantastis mengingat jika memang terbukti benar, Gunung Padang menjadi struktur tertua yang pernah dibangun di muka bumi. Namun demikian semua masih menjadi perdebatan para ahli dan perlu diteliti lebih lanjut tanpa mengorbankan kearifan lokal penduduk sekitar.

No comments:

Post a Comment