Tuesday 10 March 2015

Cara Membuat Pasta Gigi Alami di Rumah Anda

(foto: www.vemale.com)


Memilih pasta gigi untuk keluarga bukanlah perkara mudah. Pasta gigi digunakan rutin setiap hari, masuk ke dalam mulut, dan dengan mudah dapat diserap oleh tubuh. Ada banyak merk pasta gigi yang dijual, dan kebanyakan dari kita memilih pasta gigi yang mempunyai fungsi melindungi gigi, anti bakteri, dan sebagai bonus, memutihkan gigi. Namun demikian, pasta gigi produksi massal yang mempunyai tiga manfaat itu hampir semuanya mengandung bahan kimia dan juga fluoride. Fluoride dalam jangka panjang dapat merusak lapisan gigi dan meracuni tubuh. Bahan lain yang sering ditambahkan pada pasta gigi adalah gliserin. Sebagian dari kita menganggapnya bukan sebagai bahan yang berbahaya, namun pada kenyataannya gliserin dapat menghambat enamel gigi menyerap mineral (seperti kalsium). Kabar baiknya adalah sebenarnya kita dapat membuat  sendiri pasta gigi alami minus tambahan bahan kimia seperti pada pasta gigi buatan pabrik.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan?

Anda hanya harus menyiapkan soda kue, minyak kelapa, tea tree oil, dan daun sage (opsional). Baking soda mempunyai efek anti-asam yang mampu melindungi enamel dari serangan asam dan juga efek anti-bakteri yang mencegah munculnya plak/karang gigi.Tea tree oil mengandung anti-bakteri dan antiseptik yang berkaitan dengan gingivitis, plak, dan gusi bengkak. Selain membunuh bakteri dalam mulut, tea tree oil juga mampu memutihkan gigi. Minyak kelapa juga bagus untuk kesehatan gusi dan pemutih gusi. Ini berkaitan dengan fakta bahwa minyak kelapa mampu menyerap kandungan logam dalam mulut dan tubuh. Sebagai tambahan, sage mampu melembabkan dan menghilangkan noda gigi serta sebagai anti bakteri.

Berapa takaran yang dibutuhkan?

5 sdm soda kue
4 sdm minyak kelapa
6 tetes tea tree oil
1 sdt sage
 
Caranya seperti apa?

campur semua bahan hingga menemukan konsistensi yang diinginkan. Simpan di tempat tertutup (karena soda kue mampu menyerap bau)  . Anda juga dapat menyimpannya pada tube kosong agar lebih praktis.

(sumber: www.lahealthyliving.com)


No comments:

Post a Comment