Tuesday 10 March 2015

Lima Tanaman Penangkal Kanker

(foto:www.awaytogarden.com)

Ada banyak alasan mengapa orang membuat taman di rumahnya, diantaranya untuk mendapatkan bahan makanan segar. Selain itu ternyata tanaman di halaman rumah kita juga bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

Parsley (Peterseli/Seledri)

Seledri mempunyai banyak manfaat selain sekedar sebagai tambahan garnish pada masakan. Mengandung minyak yang disebut apigenin, seledri mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang mengangkut makanan bagi sel kanker dan tumor (dikenal sebagai proses angiogenesis)

Dill

Merupakan tanaman keluarga parsley yang mempunyai daun biru kehijauan serta bunga kuning, dill biasanya digunakan sebagai campuran masakan dan pengobatan herbal. Dill mengandung monoterpenes yang menstimulasi enzim glutathione-S-transferase. Enzim ini merupakan antioksidan yang mampu menangkal karsinogen radikal bebas. Dill juga mengandung minyak esensial yang mampu menstimulasi enzim pencernaan.

Rosemary

Jenis tanaman berbau kayu-kayuan ini mengandung asam lemak yang mampu menghambat pertumbuhan dan mematikan sel kanker dan tumor. Studi klinis terbaru menyatakan bahwa rosemary aman digunakan sebagai suplemen pendamping bagi pasien kemoterapi.

Mint

Mengkonsumsi mint dapat membantu memutus rantai makanan bagi sel kanker/tumor melalui proses fitokimia.

Thyme

Merupakan jenis tanaman merambat keluarga mint yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Seperti rosemary, thyme mengandung terpenes yang mempunyai fungsi sebagai antikanker, antioksidan, antiseptik, antibakteri, dan antiinflamatori (pembengkakan).

(sumber: www.healthy-holistic-living.com)

No comments:

Post a Comment