Tuesday 28 June 2016

Hilangkan Timbunan Air Dalam Tubuh Anda Dengan Cara Ini!



Timbunan air adalah pembentukan/penumpukan cairan dalam sistem sirkulasi darah atau pada jaringan tubuh. Proses ini dapat mengakibatkan pembengkakan pada tangan dan kaki terutama pada wanita di masa kehamilan atau sebelum siklus menstruasi. Kondisi ini juga seringkali terjadi pada orang yang "kurang aktif", yaitu pada orang yang sedang menjalani bedrest atau dalam perjalanan berkendara yang panjang.

Meskipun pembengkakan karena air dianggap sebagai kondisi yang wajar dan "jauh dari nyawa", tapi juga dapat menjadi pertanda adanya penyakit yang mematikan seperti gagal ginjal atau gangguan jantung. Untuk menghilangkan timbunan air ini, anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Hindari Sodium
Saran umum bagi orang yang mengalami pembengkakan akibat air adalah mengurangi garam, ini karena unsur sodium klorida yang dikandungnya yang dapat mengikat cairan dalam tubuh. Garam adalah produk konsumsi umum yang diturunkan dari sodium. Selain itu produk-produk yang ditemukan tinggi kandungan sodiumnya adalah daging olahan, bahan penyedap makanan, bahkan sayur kalengan.

2. Tingkatkan Asupan Magnesium
Ternyata meningkatkan konsumsi magnesium dapat mengurangi timbunan cairan dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi 200 gram magnesium per hari mampu mengurangi timbunan cairan berlebih pada wanita pada kondisi sindrom pra menstruasi. Makanan yang kaya magnesium adalah kacang-kacangan, gandum utuh, dan bayam. Selain itu dapat juga dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

3.  Tingkatkan Asupan Vitamin B6
Menurut sebuah studi dalam Journal of Caring Science, wanita pada kondisi sindrom pra menstruasi lebih efektif ditangani dengan asupan Vitamin B6 untuk mengurangi gejala yang muncul. Sumber utama Vitamin B6 terdapat dalam pisang, kentang kulit, dan tuna.

4. Konsumsi Makanan Sumber Potasium
Potasium adalah mineral yang berperan penting untuk mengoptimalkan kerja sel, jaringan, dan rgan tubuh manusia, terutama pada jantung. Potasium mampu menghilangkan timbunan air dalam tubuh dengan dua cara, pertama, mengurangi kandungan sodium, kedua, meningkatkan produksi urin. Bahan makanan kaya potasium diantaranya aprikot, pisang, dan buah bit.

5. Cobalah Mengkonsumsi Dandelion
Dandelion adalah tumbuhan yang banyak digunakan dalam ramuan tradisional untuk pengobatan radang sendi sampai eczema. Selain itu dapat juga digunakan sebagai diuretik karena kemampuannya dalam meningkatkan produksi urin, apalagi jika dikonsumsi dalam bentuk ekstrak daunnya.

6. Hindari Karbohidrat Olahan
Masalah utamanya adalah karbohidrat dalam jenis ini mempunyai efek meningkatkan level insulin dan gula darah. Level insulin yang tinggi dapat menyebabkanpenyerapan kembali sodium di dalam ginjal. 

sumber: familylifegoals.com




No comments:

Post a Comment