Sunday 11 May 2014

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk nipis merupakan tanaman perdu yang memiliki banyak manfaat bagi  kecantikan dan kesehatan. Beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan antara lain:
  1. Menghilangkan Jerawat: teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada jerawat di wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  2. Merawat kulit wajah: usapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin membuat kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih.
  3. Merawat kesehatan rambut: basuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo).
  4. Menghilangkan bau badan: potong satu jeruk nipis yang besar menjadi 2 belah bagian,olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih,kemudian oleskan di ketiak anda setelah habis mandi dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.
  5. Sumber vitamin C.
  6. Melancarkan Pencernaan: Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila anda saat menderita mual.
  7. Sumber Mineral: jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. 
  8. Mengatasi sembelit: Jeruk dianggap buah terbaik untuk mengeluarkan racun dari saluran usus dan membantu membersihkan urus. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis akan membantu memberikan pengobatan terhadap masalah sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.
  9. Mengobati penyakit kuning: jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.
  10. Mengatasi masalah buang air kecil: tingginya jumlah kandungan kalium dalam air jeruk nipis dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis sangat efektif menyembuhkan infeksi kandung kemih.  

Untuk mendapatkan hasil maksimal, waktu dan cara meminum jeruk nipis sangatlah penting. Selain jeruk nipis, teh hijau juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Jadi tunggu apa lagi, segera tanam jeruk nipis di sekitar rumah kita!!

(sumber: www.manfaatbuahdaun.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment