Thursday 24 July 2014

Bromelain Dalam Nanas, Harapan Baru Bagi Pasien Kanker



(sumber:rawforbeauty.com)

Selain Cannabis, kandungan enzim bromelain dalam buah nanas ternyata dapat menjadi harapan baru pengobatan alternatif bagi pasien kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Planta Medica pada Tahun 2007 menemukan bahwa enzim yang diekstrak pada batang nanas yang banyak dikenal sebagai bromelain memiliki kecenderungan superior terhadap chemo-agent 5-fluorauracil (5-FU) dalam penanganan sel kanker pada binatang. Yang menarik dari pernyataan ini adalah bahwa 5-FU telah hampir 40 tahun digunakan sebagai pelawan sel kanker namun seringkali menunjupasien, kkan hasil yang kurang memuaskan diantaranya gagal membedakan antara sel sakit dan sel sehat sampai merusak jaringan sel. Perlu dicatat bahwa pemberian dosis 7,5 gram 5-FU kepada manusia bisa membunuh 50% diantaranya. Jadi kesempatan hidup penderita kanker yang diberi treatment 5-FU hanya 50% saja. Bandingkan dengan efektivitas bromelain yang 100 kali lebih kuat dan lebih aman daripada 5-FU!

Lalu bagaimana bisa sesuatu yang sederhana dan 'tidak berbahaya' seperti batang nanas bisa mengungguli obat mahal yang menjadi tumpuan pasien kanker selama 40 tahun?

Bahan-bahan kimia tidak mempunyai perilaku seperti senyawa alami yang bisa menginduksi sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel dan jaringan tubuh yang sehat. Jika bergantung pada bahan kimia, pengobatan kanker masih akan tetap berada di 'zaman kegelapan', merusak kualitas hidup, bahkan mempercepat kematian pasien. Namun demikian apabila terjadi kegagalan pada perawatan menggunakan 5-FU, akan dengan mudah menyalahkan pada kondisi pasien dengan menyatakan bahwa pasien resisten ataupun agresif terhadap kemoterapi, padahal pada kenyataannya ketidakmampuan 5-FU untuk menyeleksi kondisi sel secara alami yang menggiring pasien pada kematian. Sebaliknya bromelain, sebagaimana bahan natural lainnya mempunyai kemampuan alami untuk menyeleksi sel sakit dan sel sehat sehingga lebih aman bagi pasien. Sekarang tergantung bagi kita untuk menggantungkan kesehatan kita pada bahan alami atau bahan kimia berbahaya. Pineapple enzyme kills cancer without killing you.

No comments:

Post a Comment