Wednesday 5 November 2014

Cara Sederhana Memacu Motivasi Diri


Ide dari penulisan artikel ini adalah sebuah berita sisipan kecil di halaman koran favorit saya, Jawa Pos, beberapa waktu yang lalu. Saya lupa persisnya kapan dan detail nama dari berita tersebut, namun garis besar tulisan itu sangat melekat di benak saya, yaitu bagaimana kita bisa memanfaatkan cara-cara yang sederhana untuk memacu motivasi diri. Salah satu cara sederhana itu adalah dengan memanfaatkan password di gadget kita.

Seperti yang sudah umum diketahui, semakin ke sini kehidupan manusia semakin terkotak dalam suatu alat kecil berupa gadget. Untuk terhubung dengan orang lain, kita memanfaatkan berbagai layanan di internet baik itu sosial media, penyedia berita, maupun layanan data. Semua layanan digital tadi mensyaratkan data pengguna dalam suatu akun yang diproteksi dengan password. 

Password haruslah sesuatu yang unik yang hanya diketahui oleh pemilik akun. Nah, di sinilah kita bisa kreatif dalam memanfaatkan password untuk memacu motivasi diri kita. Misalkan saja kita punya 5 akun dan di kehidupan sehari-hari kita ingin meningkatkan jam olahraga kita, kita bisa membuat password gym1jam1hari untuk kelima akun kita. Setiap kita membuka akun, kita harus mengetik password dan lama kelamaan akan mempengaruhi alam bawah sadar kita untuk selalu terpacu pergi ke pusat kebugaran. Atau contoh lain kita ingin memotivasi diri bahwa kita mampu lulus kuliah dengan nilai memuaskan, kita bisa membuat password 2015cumlaude.

Saat kita merasa bahwa tujuan kita telah tercapai dan ingin meraih tujuan lain dalam hidup kita bisa mengubah password dengan kata-kata yang mengandung motivasi yang memacu diri untuk selalu bisa menjadi orang yang lebih baik, seperti sabarlebihbaik, 8gelassehari, nowomannocry, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment