Tuesday 4 November 2014

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Anda


Rendah kalori, bebas lemak, dan mengandung potasium lebih banyak daripada pisang, air kelapa adalah salah satu cairan elektrolit terbaik di dunia. Inilah induk dari minuman kesehatan dan olahraga yang bahkan lebih efektif dari minuman karbo-elektronik yang beredar di pasaran. Dengan kandungan kalori dan sodium yang lebih rendah serta kandungan potasium yang lebih tinggi dari minuman kemasan, air kelapa masih mempunyai keunggulan lain yaitu tidak perlu bahan tambahan seperti pengawet dan pemanis buatan.
Studi menunjukkan bahwa sitokinin dalam air kelapa menunjukkan efek anti aging, anti karsinogen, dan anti trombosit. Sitokinin sendiri adalah hormon nabati yang mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan usia tanaman. Saat sel dan jaringan tubuh manusia terpapar dengan sitokinin, penuaan sel menurun dengan sangat signifikan.
Kandungan air kelapa lainnya mencakup berbagai enzim bioaktif seperti asam fosfat, katalase, dehidrogen, diastase, peroksida, polimer RNA, dan banyak lagi lainnya.  Enzim-enzim ini membantu proses pencernaan dan metabolisme. Air kelapa juga kaya akan vitamin B komplek seperti riboflavin, niasin, tiamin, pridoksin, dan folat. 
Sebagai hidrator, air kelapa mengandung komposisi elektrolit yang identik dengan cairan manusia. Jika tubuh cukup terhidrasi, akan menghindarkan kita dari rasa lapar dan mengontrol kebutuhan gula dalam darah sehingga menurunkan konsumsi kalori secara keseluruhan sehingga akan membantu diet. Konsumsi secara teratur akan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Berbagai manfaat air kelapa di atas dapat dirangkum sebagai berikut:
  1. Pencegah dehidrasi. Air kelapa membantu mengelola kebutuhan cairan tubuh, selain itu potasiumnya dapat menjaga tekanan air dalam sel dan darah.
  2. Makanan bagi otak dan otot. Berkaitan dengan kandungan elektrolitnya, air kelapa meningkatkan fungsi sistem dan transmisi saraf, dapat juga mencegah kaku pada otot.
  3. Kesehatan jantung dan ginjal. Mengurangi resiko hipertensi dan stroke serta batu ginjal.
  4. Anti-aging. Mengandung sitokinin yang melindungi sel dari penuaan dan kanker.
  5. Pendukung sistem pencernaan. Enzim bioaktifnya meningkatkan fungsi pencernaan dan metabolisme.
  6. Mengandung 5 elektrolit esensial. Termasuk potasium, sodium, magnesium, fosfor dan kalsium.
  7. Pendukung sistem imun. Asam laurik yang dikandung merupakan anti jamur, anti bakteri, dan anti virus yang membantu menangkal infeksi serta mencegah cacing dan jamur.
(diterjemahkan dari earthweareone.com)

No comments:

Post a Comment