Thursday 16 April 2015

Tebak: Mana Dari Kuning Telur Ini Yang Berasal Dari Ayam Yang Sehat?


Brazil dikenal sebagai negara yang mempunyai komitmen kuat terhadap penyediaan pangan berbasis hasil lokal. Semua orang terhubung dengan keluarga atau teman yang mempunyai lahan pertanian atau peternakan di sekitar mereka. Terkait dengan telur hasil ternak, meskipun ukuran dan warna cangkangnya bervariasi, namun mempunyai kesamaan pada kuning telurnya, berwarna oranye gelap degan ketebalan di atas ketebalan kuning telur yang sering kita jumpai.

Berdasarkan penelitian dengan menggunakan ayam yang sehat (hidup bebas secara alami) dengan ayam yang sengaja dibiakkan dan terkontaminasi bahan kimia (hidup di kandang yang sempit), didapatkan bukti bahwa ayam yang sehat menghasilkan kuning telur yang berwarna oranye gelap dan lebih tebal, meskipun cangkangnya lebih keras dan lebih sulit dipecahkan.

Lalu apa pentingnya kuning telur?

Kuning telur yang lebih pekat dan tebal mengindikasikan asuan nutrisi yang seimbang. Komponen pembentuknya antara lain xanthophylls, asam lemak omega-3, dan daging. Xanthophylls termasuk ke dalam jenis karotinoid yang merupakan pigmen alami dalam sayur dan tumbuhan. Xanthophylls banyak terkandung dalam bayam, ketimun, brokoli, sawi, dan kale. Asam lemak omega-3 berasal dari biji rami dan cangkang hewan laut. Kandungan dagingnya berasal dari hewan yang dimakan oleh ayam (yang dibiarkan bebas mengais tanah) karena ayam termasuk ke dalam jenis omnivora. Jadi, lebih pekat dan tebal sebuah kuning telur, berarti berasal dari ayam yang lebih sehat.

sumber: livingtraditionally.com

No comments:

Post a Comment