Tuesday 26 May 2015

Komedi Ala Persia: Komedi Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Oleh : Firoozeh Dumas
ISBN : 9789790753709
Rilis : 2010 
Halaman : 328  
Penerbit :Erlangga 
Bahasa : Indonesia

Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing dengan sedemikian rupa, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah kedalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri (Koentjaraningrat, 1996: 155).

Firoozeh Dumas adalah seorang imigran asal Iran yang bermigrasi ke Amerika Serikat bersama ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya. Di sana mereka mengalami akulturasi budaya timur (Persia) dan barat (Amerika Serikat) yang sarat akan makna sosial, kemanusiaan, cinta kasih, dan kehangatan keluarga.
Membaca buku ini tidak akan terasa bahwa latar ceritanya terjadi pada periode 70 sampai 80-an. Bahasa yang digunakan sangat ringan, universal, dan mudah dimengerti. Meski penulis adalah imigran, gegar budaya yang terjadi diceritakan dengan jenaka tanpa menyakiti tokoh yang disebutkan dalam memoarnya.
Berbagai kejadian mulai masa kanak-kanak sampai dewasa Firoozeh yang berkisar pada kehidupan hangat keluarga khas daratan Persia dijamin akan meninggalkan senyum bahkan pada pembaca yang skeptis sekalipun. Ini karena kejadian-kejadian tersebut dapat terjadi pada siapapun dengan latar belakang budaya pembaca yang beragam. Firoozeh sangat piawai menuliskan detail dan mengambil sisi komedi (atau ironi?) dalam setiap kejadian.

Buku ini beserta sekuel keduanya, Tertawa Ala Persia, bisa didapatkan di Toko Buku Online BUKUPEDIA pada link www.bukupedia.com/id/book/id-34215/komedi-ala-persia.html

No comments:

Post a Comment